Recent Posts

Senin, 27 Agustus 2012

0 komentar

Karya Tulis


Pesona Malang






Kelas
:
IX C

Kelompok
:
II



1.     Ebal Purwo F
(29)


2.     Teguh Yudha P
(27)


3.     Fericco Arga R
(03)


4.     Fiqqi Kharisma M
(13)


5.     Dany Okey A
(19)


6.     Yuliawan Dwi S
(22)










SMP Negeri 7 Madiun
Tahun Pelajaran 2011/ 2012
Jl. Merak No. 4 Madiun





LEMBAR PENGESAHAN


Laporan ini kami buat untuk memenuhi salah satu syarat menempuh ujian akhir sekolah tahun ajaran 2011/ 2012.


Disahkan oleh:
Kesiswaan
Guru Pembimbing






Agus Subagio, S. Pd
NIP. 1962022319830211001
Nur Bandiah, S.Pd
NIP. 195809271981032007


Mengetahui

-



Theresia Enny Yuniwati, S. Pd. M. Pd
NIP. 195906021979032002






KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis ini. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada :
1.      Ibu Theresia Enny Yuniwati, S.Pd. M.Pd, selaku kepala sekolah.
2.      Bapak Agus Subagio, S.Pd, selaku kaur kesiswaan.
3.      Ibu Nur Bandiah, S.Pd, selaku pembimbing.
4.      Dan pihak-pihak lain yang telah membantu menyelesaikan karya tulis ini.
Karya tulis ini kami susun sebagai syarat untuk menempuh ujian akhir sekolah dan karya tulis ini akan kami sumbangkan ke perpustakaan sekolah sebagai bacaan yang dapat menambah ilmu pengetahuan.
Mudah-mudahan keberadaan karya tulis ini dapat memberikan pengaruh positif dalam dunia pendidikan.
Kami menyadari bahwa karya tulis ini jauh dari sempurna. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan untuk penyusunan karya tulis kedepannya.

Madiun, 28 Juli 2011



Tim Penyusun






Daftar Isi


Halaman Judul .......................................................................................................... ...... i
Lembar Pengesahan................................................................................................... ...... ii
Kata Pengantar........................................................................................................... ...... iii
Daftar Isi.................................................................................................................... ...... iv

BAB I PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang  ......................................................................................
1.2    Objek Wisata yang Dikunjungi...............................................................
1.3    Tujuan atau Manfaat...............................................................................
BAB II PEMBAHASAN OBJEK
1.1  Coban Rondo ..........................................................................................
1.2  Jatim Park 2..............................................................................................
1.3  Matos ......................................................................................................
BAB III PENUTUP
1.1  Kesimpulan .............................................................................................
1.2  Saran .......................................................................................................
Daftar Pustaka







BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Kami melaksanakan study tour ke Malang, karena merupakan tugas dari sekolah sebagai persyaratan menempuh Ujian Akhir Sekolah. Dengan berwisata ke kota Malang kami dapat mengunjungi beberapa tempat wisata yang menarik dan bersejarah.
Selanjutnya kami dapat mengetahui asal usul air terjun yang diyakini mempunyai tempat bersejarah dan membuat kami ingin mengetahuinya lebih dalam. Selain itu, juga dapat menambah wawasan tentang berbagai jenis satwa serta peninggalan-peninggalan satwa langka yang telah punah. Itu sebabnya kami memilih tempat wisata ke kota Malang.

1.2  Objek Wisata yang Dikunjungi
Dari sekian banyak tempat wisata di kota Malang yang kami kunjungi atau objek yang dikunjungi siswa-siswi SMP Negeri 7 Madiun adalah:
1.      Coban Rondo
2.      Jawa Timur Park 2(Jatim Park 2)
3.      Malang Town Square(Matos).

1.3  Tujuan dan Manfaat
Tujuan study tour kami adalah:
1.      Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang lebih luas dan ada kaitannya dengan sekolah.
2.      Mengenal tempat-tempat wisata yang indah dan belum pernah kami kunjungi sebelumnya.
3.      Menghilangkan rasa jenuh setelah mengikuti aktivitas belajar di sekolah.
4.      Dapat melatih membuat karya tulis dengan baik.
5.      Membangkitkan semangat belajar kembali.






BAB II
PEMBAHASAN OBJEK WISATA

2.1  Coban Rondo


Objek wisata pertama yang kami kunjungi adalah Coban Rondo. Setelah menempuh perjalanan yang panjang akhirnya kami tiba di Coban Rondo. Disana kami menikmati pemandangan yang belum pernah kami rasakan sebelumnya. Setelah puas menikmati pemandangan disana, kamipun berfikir untuk mengabadikan keindahan alamnya. Walaupun hanya sedikit waktu yang diberikan kepada kami, tetapi kami dapat menggunakan waktu itu dengan sebaik mungkin sehingga kamipun mengetahui asal mula terbentuknya nama Coban Rondo.
Konon Coban Rondo berasal dari sepasang pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahan. Mempelai wanita yang bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi yang menikah dengan Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmoro. Setelah usai pernikahan mencapai 36 hari (selapan), Dewi Anjarwati  mengajak suaminya berkunjung ke Gunung Anjasmara. Namun orang tua Dewi Anjarwati melarang kedua mempelai pergi karena baru selapan. Namun keduanya bersikeras pergi berangkat dengan segala resiko apapun yang terjadi di perjalanan. Ketika dalam perjalanan, keduanya dikejutkan dengan hadirnya Joko Lelono yang tidak jelas asal-usulnya. Tampaknya Joko Lelono terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati dan berusaha merebutnya. Perkelahian tidak dapat dihindarkan kepada punakawan yang menyertainya. Raden Baron berpesan agar Dewi Anjarwati disembunyikan di suatu tempat yang ada cobannya(air terjun). Perkelahian berlangsung seru dan akhirnya sama-sama gugur, dengan demikian akhinya Dewi Anjarwati menjadi janda (dalam bahasa Jawa Rondo). Sejak saat itulah coban tempat tinggal Dewi Anjarwati menanti suaminya dikenal dengan “COBAN  RONDO”. Konon batu besar di bawah air terjun  merupakan tempat duduk sang putri. 







2.2  Jatim Park II
a.      Museum Satwa


 













Museum satwa yang menyajikan satwa-satwa awetan dan fosil-fosil purba yang di datangkan dari berbagai Negara di seluruh benua, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik dan Antartika. Sesuai dengan tujuan didirikannya Jawa Timur Park 2 yaitu sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar, maka seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa di peroleh tidak dengan sengaja diburu tetapi di awetkan dari satwa yang telah mati.
Pendirian Museum Satwa didasari keinginan untuk memberikan pengetahuan dan pembelajaran satwa yang disajikan dengan latar belakang sesuai habitat dan ukuran sesungguhnya. Selain satwa awetan yang ada masa kini, Museum Satwa juga menyajikan replika satwa purba seperti Apatosaurus, Tryannosaurus-Rex, Stegosaurs, Mamoth, dan replika satwa purba lainnya.
Bagi pecinta serangga, Jatim Park 2 persembahkan Insectarium yang memamerkan koleksi ratusan jenis  kupu-kupu, kumbang, belalang, laba-laba dan serangga lainnya dari berbagai negara.






b.      Batu Secret Zoo


 














Konsep utama objek wisata ini adalah kebun binatang yang dikemas dengan nuansa modern. Kesan pertama yang bisa anda lihat disini adalah kebersihan dan keteraturan. Yang menarik lagi, satwa yang ada di Batu Secret Zoo kebayakan satwa-satwa unik yang jarang anda temui di kebun binatang lainnya.
Untuk menikmati serunya berjalan-jalan di Batu Secret Zoo, anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 50.000,- namun dengan harga yang anda bayarkan ini, anda juga bisa sekaligus menikmati Museum Satwa.
Koleksi Moyet dan Iguana akan menyambut kita saat petama kali memasuki Batu Secret Zoo. Anda juga bisa melihat hewan unik lainnya. Jenis-jenis serangga unik seperti belalang sentadu anggrek yang berwarna pink bisa anda lihat disini. Koleksi binatang albino pun tak sedikit. Ada juga spesies burung merak berwarna putih yang sangat cantik. 
Di akhir perjalanan berkeliling melihat koleksi binatang, anda akan masuk ke Area Savannah. Di sini anda bisa melakukan duck feeding atau elephant feeding. Anda juga bisa berfoto dengan burung atau ular.





2.3  Malang Town Square 



Matos / Malang Town Square merupakan pusat perbelanjaan di Malang.  Matos sendiri juga terkenal akan keindahan dan luas tempatnya. Di Matos terdapat berbagai macam aneka kebutuhan seperti; kaos, kemeja, maupun celana. Matos juga terdapat alat-alat elektronik yang berguna bagi masyarakat. Barang elektronik itu antara lain; laptp, komputer, handphone, dan lain-lain. Dan enaknya lagi di Matos harga kebutuhan sandang maupun alat elektronik sangat terjangkau bagi kalangan masyarakat rendah maupun sedang.
Seperti pada bulan Juni kami sekeluarga SMP 7 Negeri Madiun melaksanakan study tour ke Malang. Salah satu tempat yang kami kunjungi ialah Matos/ Malang Town Square. Disana kami datang dan berjalan-jalan untuk melihat di dalam pusat perbelanjaan Matos yang disana terdapat kebutuhan dengan harga terjangkau. Buktinya kami membeli sebuah aksesoris dari Matos/Malang Town Square  dengan harga murah. 



BAB III
PENUTUP


3.1  Kesimpulan
Ternyata kegiatan karya wisata yang kami kunjungi sangat berguna dan bermanfaat bagi kami, karena kami dapat melihat langsung keadaan alam dankeindahan alam tempat-tempat wisata kota Malang yang sebelumnya belum pernah kami kunjungi dan amati. Sehinga dapat menambah pengetahuan dan mendorong kami untuk bersyukur kepada Allah S.W.T yang telah memberikan kesempatan untuk melihat betapa besar karunia-Nya.

3.2  Saran
Dalam laporan ini kami ingin memberikan beberapa saran kepada para pembaca:
1.      Jagalah kebersihan pada tempat yang kalian kunjungi.
2.      Rawatlah dan lestarikan keanekaragaman sumber daya alam Indonesia.
3.      Taati peraturan yang telah diberlakukan pada tempat wisata.
4.      Jangan membuat keributan dimanapun kita berada.

Demikian laporan karya wisata ini kami buat apabila ada kesalahan dalam pembuatanya kami mohon maaf. Semoga laporan ini dapat berguna bagi para pembaca. Sekian terimakasih.



DAFTAR PUSTAKA




#NOTE : Utk Lampiran Kasih Foto Kalian sendiri



LAMPIRAN-LAMPIRAN


Foto Suasana Tiger Land

Foto Suasana Istana Semut


Foto Suasana Red Cuban Flamingo

Foto Suasana Pintu Masuk Coban Rondo

Foto Suasana Air Terjun Coban Rondo


Foto Suasana di Depan Malang Town Square


0 komentar:

Best viewed on firefox 5+

Blogger templates

Blogger news

Blogroll

Copyright © Design by Dadang Herdiana